TpWiTpr5BSO0BSC7GpOpGpdiGd==

Prabowo – Gibran Raih Dukungan Positif dari Kaum Milineal dan Gen Z

Radarjawa-  Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mengusung pasangan capres dan cawapres yakni Prabowo Subianto & Gibran Rakabuming Raka mengalami kenaikan elektabilitas yang cukup signifikan, terutama pada kalangan kelompok usia Gen Z (<26 tahun) serta kaum milenial (27-42 tahun).

Menurut simulasi survei tatap muka nasional terhadap 3 pasangan calon presiden dan wakil presiden pada 27 Oktober hingga 1 November 2023.

Berdasarkan data survei Indikator, dukungan Gen Z terhadap Prabowo pada Oktober 2023 sebesar 38,1%, setelah berpasangan dengan Gibran, tingkat suaranya meningkat tajam menjadi 52,4% pada November 2023. Pada saat yang sama, dukungan generasi milenial terhadap Prabowo juga meningkat, dari 38,9% pada Oktober 2023 menjadi 40% pada November 2023.

Ujang Komarudin seorang pengamat politik mengatakan bahwa pasangan Prabowo-Gibran cenderung lebih disukai oleh kelompok pemilih muda, yakni Gen Z dan kaum milenial. Hal itu dibuktikan dengan adanya peningkatan signifikan elektabilitas Prabowo-Gibran.

“Menurutnya dukungan dari Gen Z dan kaum milenial pada Prabowo-Gibran bukanlah hal baru. Hal ini disebabkan, Gen Z dan kaum milenial cenderung memilih Prabowo sebagai capres yakni sebesar 40 %. Ditambah lagi, dengan masuknya Gibran sebagai cawapres yang memiliki tren positif terhadap elektabilitas Prabowo”. kata Ujang dalam keterangannya, Senin (13/11).

Kolaborasi  Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024 dinilai sebagai pasangan yang paripurna,ini disebabkan keduanya dipercaya dapat mewakili segmen pemilih lintas generasi.

“Oleh karena itu, strategi Prabowo Subianto beserta partai pengusung dari Koalisi Indonesia Maju dalam memilih Gibran sebagai cawapres adalah langkah tepat guna meningkatkan suara dari pemilih milenial dan Gen Z” ditambahkan Ujang.

Hal ini diperkuat pada hasil survei yang menunjukkan pasangan Prabowo-Gibran unggul di kalangan milenial dan Gen Z sangatlah tepat, karena hal tersebut didukung dengan strategi blusukan yang terus dilakukan oleh Gibran. Apalagi, lanjut Ujang, Gibran sering memakai diksi bahwa “dia datang dari anak muda sehingga ini menjadi daya tarik yang besar. paparnya.

Sehingga kehadiran Gibran menambah kekuatan Prabowo dalam meraih suara dari kaum milenial dan Gen Z. Dimana suara milenial dan Gen Z di Pemilu 2024 sangatlah tinggi dan menjadi penentu kemenangan.

“Jadi memilih Gibran sebagai pasangan Prabowo diharapkan dapat memperoleh dukungan yang lebih banyak lagi pada kelompok pemilih muda baik yakni gen Z maupun milenial. Dan hadirnya Gibran sebagai cawapresnya Prabowo memiliki dampak pada peningkatan elektabilitas pasangan tersebut,” tutup Ujang.

Keputusan Prabowo juga diamini oleh Koalisi Indonesia Maju dan dengan bergabungnya Gibran dipercaya dapat membawa angin segar perubahan pada pilpres 2024 yang cenderungan dikuasai oleh golongan tua pada dua kandidat pesaingnya. Sehingga tidak mewakili kalangan Gen Z dan kaum milineal Indonesia.

Komentar0

Type above and press Enter to search.