TpWiTpr5BSO0BSC7GpOpGpdiGd==

Warga Binaan Lapas Kelas IIA Tenggarong Khusyuk Menjalankan Sholat Idul Adha 1445 Hijriah

Radarjawa - Momen penuh khusyuk mewarnai pelaksanaan Sholat Idul Adha 1445 Hijriah di Lapangan Lapas Kelas IIA Tenggarong, Senin (17/06/2024). Seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang beragama Islam tampak khusyuk mengikuti jalannya sholat yang dipimpin oleh Imam sekaligus Khatib kondang dari Kutai Kartanegara, Ustadz H. Hamzah Arfa, S.Pd., M.Pd.

Kegiatan Sholat Idul Adha di Lapas Kelas IIA Tenggarong ini diikuti oleh Seluruh pegawai lapas kelas IIA Tenggarong beserta warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Tenggarong. Dalam khutbahnya, Ustadz Hamzah Arfa mengingatkan para WBP tentang makna di balik perayaan Idul Adha, yaitu tentang ketaatan dan pengorbanan.

"Peristiwa Nabi Ibrahim yang diperintahkan Allah SWT untuk menyembelih putranya, Nabi Ismail, merupakan ujian ketaatan yang luar biasa. Kesediaan Nabi Ibrahim untuk menjalankan perintah tersebut menunjukkan betapa kuatnya iman dan ketaatan beliau kepada Allah SWT," tutur Ustadz Hamzah Arfa.

Lebih lanjut, Ustadz Hamzah Arfa juga menyampaikan pesan kepada para WBP agar mereka dapat mengambil hikmah dari peristiwa Idul Adha dan menjadikannya sebagai motivasi untuk memperbaiki diri dan kembali ke jalan yang benar.

"Masa lalu memang tidak dapat diubah, namun masa depan masih ada di tangan kita. Mari jadikan momen Idul Adha ini sebagai titik balik untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan bermanfaat bagi orang lain," pesan Ustadz Hamzah Arfa.

Pelaksanaan Sholat Idul Adha di Lapas Kelas IIA Tenggarong ini berjalan dengan lancar dan khidmat. Di akhir acara, dilakukan penyembelihan hewan kurban dan pembagian daging kepada para WBP dan masyarakat sekitar.

Kepala Lapas Kelas IIA Tenggarong, Agus Dwirijanto, menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu pelaksanaan Sholat Idul Adha di Lapas Kelas IIA Tenggarong.

"Semoga kegiatan ini dapat memberikan makna dan semangat baru bagi para WBP untuk menjalani hidup yang lebih baik," ujar Agus.

Kegiatan Sholat Idul Adha di Lapas Kelas IIA Tenggarong ini merupakan salah satu bentuk pembinaan kerohanian yang dilakukan oleh Lapas Kelas IIA Tenggarong kepada para WBP. Diharapkan dengan kegiatan ini, para WBP dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan mereka, sehingga dapat kembali ke masyarakat dengan bekal ilmu dan pengetahuan agama yang mumpuni.

*Lapas Kelas IIA Tenggarong Sembelih Hewan Kurban Idul Adha 1445 Hijriah*

Tenggarong, Kutai Kartanegara - Lapas Kelas IIA Tenggarong menyembelih hewan kurban dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah pada hari Senin (17/06/2024). Kegiatan penyembelihan hewan kurban ini dilaksanakan di Lingkungan Lapas Kelas IIA Tenggarong dan diikuti oleh seluruh jajaran pegawai Lapas, dibantu oleh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), dan 1 orang penyembelih yang berasal dari masyarakat umum.

Hewan kurban yang didapatkan hingga pukul 11.00 WITA berjumlah 10 ekor, terdiri dari 6 ekor sapi dan 4 ekor kambing. Hewan kurban tersebut merupakan sumbangan dari berbagai pihak, antara lain:

Bapak Syarifudin (Petugas Lapas Kelas IIA Tenggarong) - 1 ekor sapi

PT AVA - 1 ekor sapi

PT Alam Jaya Pratama dan Keluarga H. Masdari - 1 ekor sapi

Kejari Kubar - 1 ekor kambing

Bank Syariah Indonesia Kukar - 1 ekor kambing

Pemkab Kubar - 1 ekor sapi

Kasi Pidum Kejaksaan Kukar Bapak A.R Guntoro - 2 ekor kambing

Keluarga WBP a/n M. Tauhid dan Agus Wijaya - 2 ekor sapi

Kepala Lapas Kelas IIA Tenggarong, Agus Dwirijanto, menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah menyumbangkan hewan kurban.

"Alhamdulillah, tahun ini kita kembali dapat melaksanakan penyembelihan hewan kurban. Terima kasih kepada semua pihak yang telah menyumbangkan hewan kurban, semoga menjadi amal ibadah yang diterima oleh Allah SWT," ujar Agus.

Daging kurban yang telah disembelih kemudian dibagikan kepada para WBP, pegawai Lapas, dan masyarakat sekitar. Pembagian daging kurban ini dilakukan secara tertib dan teratur dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Kegiatan penyembelihan hewan kurban di Lapas Kelas IIA Tenggarong ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Lapas terhadap masyarakat sekitar. Diharapkan dengan kegiatan ini, Lapas Kelas IIA Tenggarong dapat menjalin hubungan yang semakin erat dengan masyarakat.

Komentar0

Type above and press Enter to search.